Ada Longsor, Tol Cisumdawu Seksi II dan III Batal Jadi Jalur Mudik?

Image title
Oleh Antara
18 April 2022, 13:02
Foto udara batas ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (tol Cisumdawu) Seksi I dan Seksi II di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Foto udara batas ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (tol Cisumdawu) Seksi I dan Seksi II di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022).

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang- Dawuan (Cisumdawu) seksi I disiapkan untuk arus mudik Lebaran 2022. Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum memberi lampu hijau penggunaan jalan tol Cisumdawu seksi II dan III sebagai jalur mudik karena faktor keamanan. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan  baru saja menemui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Berdasarkan pertemuan tersebut, jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran 2022 baru seksi I.

Advertisement

"Iya, jadi sementara informasinya masih itu (baru seksi I yang dibuka) nanti kalau ada kabar ada tambahan di exit berikut saya kabarin. Tapi per hari ini baru exit itu (seksi satu)," kata Ridwan di Gedung Sate Bandung, Senin (18/4).

 Dengan demikian, jalur tol Cisumdawu yang bisa digunakan untuk mudik hanya dari  Cileunyi, Kabupaten Bandung, hingga Pamulihan, Kabupaten Sumedang. "Jadi orang bisa mudik ke Sumedang bisa digunakan lewat dua exit (Jalan Tol Cisumdawu Seksi Satu)," ujarnya.

Namun, Ridwan mengatakan, peresmian seluruh seksi Jalan Tol Cisumdawu  akan tetap  sesuai jadwal pada Juni 2022. "Dengan adanya longsor itu memang terkendala, tapi sedang diupayakan bulan Juni 2022 sesuai jadwal bisa dibuka,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement