Ridwan Kamil Kaget Bupati Bogor Ditangkap, Ingatkan Soal Integritas

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2022, 17:04
ridwan kamil, kpk, bogor, ade yasin
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan usai mengukuhkan Satgas Saber Pungli di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/4/2022).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku terkejut atas tertangkapnya Bupati Bogor Ade Yasin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia lalu mengingatkan bupati dan wali kota untuk memerhatikan tiga hal dasar kepemimpinan yakni integritas, pelayanan sepenuh hati, dan profesional.

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu menyerahkan kasus ini kepada penegak hukum. Meski demikian, dia mengaku kerap mengingatkan kepala daerah tidak terjerat masalah hukum dan terlibat korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Saat pelantikan Wali Kota Bandung, saya minta menerapkan tiga dasar kepemimpinan agar terlepas dari jeratan hukum," kata Ridwan di Cianjur, Rabu (27/4) dikutip dari Antara.

 Ia lalu meminta Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan untuk segera menggantikan pekerjaan Ade.  Ridwan bahkan akan memantau semua kegiatan penegakan hukum yang dilakukan polisi, kejaksaan, hingga KPK.

 "Untuk status Bupati Bogor, kami masih menunggu keterangan resmi dari KPK," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...