Luhut dan Tesla Atur Lokasi Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk di AS

Luhut telah bertemu dengan Elon Musk di Tesla Gigafactory, Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) pada akhir April lalu.
Ameidyo Daud Nasution
9 Mei 2022, 20:03
elon musk, jokowi, tesla, luhut
Instagram/Elonrmuskk
Elon Musk

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan bertemu Chief Executive Officer (CEO) Tesla Elon Musk saat kunjungan Presiden ke Amerika Serikat pekan ini. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pihaknya dan Tesla sedang mengatur di mana pertemuan Jokowi dan Musk akan digelar.

Luhut mengatakan tim dari raksasa teknologi AS itu telah menemuinya untuk berbicara. Bahkan tim Tesla akan segera meninjau lapangan hingga ke Morowali, Sulawesi Tengah.

"Mereka puas dengan data yang telah didapatkan," kata Luhut dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/5).

 

Advertisement

Sebelumnya Luhut telah bertemu dengan Musk di Tesla Gigafactory, Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) pada akhir April lalu. Keduanya berbicara mengenai mobil listrik, energi terbarukan hingga mengenai B20.

Ikut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Anindya Bakrie, Duta Besar RI untuk AS, Rosan P. Roeslani, hingga Direktur Utama Electrum sekaligus Vice President PT Toba Bara Sejahtera (TBS) Energi Utama Tbk Pandu Sjahrir.

Sedangkan Jokowi dijadwalkan akan bersua Musk di lokasi peluncuran pesawat antariksa SpaceX di Texas, setelah US-ASEAN Summit yang berlangsung pada 12-13 Mei 2022.

Rosan Roeslani mengatakan Musk ingin bertemu dengan Kepala Negara saat kunjungan ke salah satu perusahaannya itu. "Elon membatalkan janji lainnya dan memprioritaskan kunjungan itu," kata Rosan kepada Katadata.co.id, Selasa (26/4).

Presiden Jokowi pernah berbicara  dengan Musk melalui sambungan telepon pada akhir 2020. Keduanya bukan hanya membicarakan terkait potensi investasi Tesla di Indonesia ke industri baterai dan mobil listrik, melainkan juga adanya penawaran dari Presiden untuk investasi di industri penerbangan antariksa.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait