Indonesia Tak Lagi Darurat Covid-19, Mulai Transisi Masuk Fase Endemi

Amelia Yesidora
10 Mei 2022, 20:08
covid-19, satgas, endemi
Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa Indonesia sudah mulai melakukan transisi menuju fase endemi. Perubahan ini didukung data yang menunjukkan menurunnya penularan virus.

Selain penularan, indikator lain adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi, indeks belanja, dan mobilitas masyarakat hingga penurunan angka pengangguran. 

“Bisa dikatakan bahwa saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” ujar Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (10/5). 

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus harian corona RI telah berada di bawah 1.000 selama 25 hari terakhir. Selain itu angka keterisian tempat tidur rumah sakit berada di angka 2%.

Meski ada indikasi perbaikan, Wiku meminta masyarakat untuk waspada lantaran beberapa negara sudah mulai mengalami peningkatan kasus Covid-19. Bahkan subvarian baru Omicron yakni BA.4 dan BA.5 telah ditemukan di Afrika Selatan

Makanya, Satgas akan merumuskan strategi baru bagi seluruh masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Beberapa di antaranya yakni mengurangi aktivitas secara bersamaan dan mendorong terbentuknya perilaku yang lebih sehat dan aman.

Ia juga meminta adanya perlindungan yang lebih optimal bagi populasi yang beresiko tinggi terinfeksi Covid-19, yakni lansia dan anak-anak. Untuk itu, Satgas akan menggencarkan cakupan vaksinasi dan menyusun strategi tes yang lebih spesifik (targeted testing). 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...