Cegah Cacar Monyet jadi Pandemi, RI Ajak G20 Berbagi Data Kesehatan

Amelia Yesidora
7 Juni 2022, 16:10
g20, cacar monyet, pandemi
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/WSJ/cf
Dado Ruvic/Illustration Tabung reaksi berlabel "Positif virus cacar monyet" terlihat dalam ilustrasi yang diambil Minggu (22/5/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menggelar pertemuan kedua Health Working Group (HWG) G20 di Lombok, Nusa Tenggara Barat dari Senin (6/6) hingga Selasa (7/6). Dalam pertemuan hari ini, Kemenkes selaku pemimpin kelompok kerja bidang kesehatan G20 fokus membahas pendanaan dan pembagian informasi (sharing) sebagai tindak preventif pandemi.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha menjelaskan bahwa setiap negara berhak atas akses informasi dari berbagai penyakit yang ada di dunia. Namun data yang perlu dibagikan adalah penyakit yang memiliki kemungkinan menimbulkan pandemi. 

Contoh pembagian data dan informasi yang dilakukan antar negara G20 adalah penyakit cacar monyet dan hepatitis akut yang menyebar baru-baru ini. Dengan adanya informasi dari negara lain, Indonesia bisa melihat kondisi penularan di Tanah Air hingga mempersiapkan tindak preventif.

“Ini pengalaman kita pada Covid-19 kemarin, penting banget agar lebih baik lagi ke depan,” ujar Kunta dalam konferensi pers, Selasa (7/6).

Untuk menyatukan informasi terkait penyakit yang ada di berbagai negara, Kemenkes merekomendasikan GISAID sebagai platform bersama. Platform ini sudah pernah dipakai sebelumnya kala virus Corona meledak di Wuhan akhir 2019 lalu. 

Ilmuwan di berbagai negara pun bisa mengakses informasi ini karena GISAID bukanlah perusahaan swasta, namun bergerak dengan konsep paguyuban yang tidak formal. Oleh karena informasi yang dibagikan inilah vaksin Covid-19 bisa lahir.

Pemilihan GISAID sebagai platform bersama juga didasari atas konsep bahwa informasi yang diunggah bukanlah sampel dari virus, melainkan analisa yang sudah dilakukan oleh para ahli. Meski begitu, ia mengaku bahwa pihaknya tidak hanya akan berpaku pada GISAID sebagai satu-satunya platform.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...