Empat Kasus Covid-19 Omicron Subvarian BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Bali

Ameidyo Daud Nasution
10 Juni 2022, 16:56
Omicron, covid-19, ba.4, ba.5
Pixabay/Alexandra_Koch
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melaporkan ditemukannya kasus Covid-19 Omicron subvarian baru BA.4 dan BA.5 di Indonesia. Hingga Jumat (10/6), ada empat kasus terkonfirmasi ditemukan di Bali.

Dari keempat kasus ini, satu orang dikonfirmasi tertular Omicron subvarian BA.4, sementara tiga lainnya subvarian BA.5. Seluruh pasien yang ditemukan sudah menerima vaksin lebih dari sekali.

Pasien yang terjangkit Omicron subvarian BA.4 adalah warga negara Indonesia (WNI), seorang pria berusia 27 tahun. Ia sudah menerima vaksin Pfizer dua dosis dan tidak mengalami gejala klinis apapun.

“Kemudian tiga orang ini masuk subvarian BA.5, semuanya laki-laki, merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang datang ke Bali sebagai delegasi pertemuan The Global Platform for Disaster Risk Reduction dari 23 hingga 28 Mei,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syachril dalam konferensi pers, Jumat (10/6).

Pasien BA.5 pertama berusia 45 tahun, sudah menerima vaksin Johnson&Johnson sebanyak tiga dosis dan tidak merasakan gejala klinis apapun.  Kasus BA.5 ketiga yang berusia 34 tahun tidak mengalami gejala klinis sebab sudah menerima dua dosis vaksin AstraZeneca serta satu dosis vaksin Johnson&Johnson. 

Sedangkan pasien kasus BA.5 kedua mengalami gejala ringan sakit tenggorokan dan badan pegal. Pasien tersebut berusia 57 tahun dan sudah menerima vaksin Pfizer sebanyak empat dosis.

Laporan kasus ini sudah dikirim ke Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kemenkes pada Sabtu (28/5) lalu untuk dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS). Tepat pada Kamis (9/6), BKPK menyatakan keempat pasien tersebut positif terkena subvarian BA.4 dan BA.5.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...