Tak Hanya Indonesia, Ini Negara Lain yang Diserang BA.4 dan BA.5

Ameidyo Daud Nasution
17 Juni 2022, 15:06
ba.4, ba.5, omicorn, covid-19
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis ketiga kepada warga di Denpasar, Bali, Selasa (14/6/2022).

Indonesia tengah menghadapi gelombang Covid-19 yang dipicu masuknya subvarian BA.4 dan BA.5. Pemerintah saat ini sedang mengawasi lima provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten terkait penularan subvarian Omicron tersebut.

RI bukan satu-satunya negara yang diguncang BA.4 dan BA.5. Sebelumnya beberapa negara menghadapi lonjakan penularan Covid-19 yang dipicu dua subvarian tersebut.

Di Amerika Serikat, BA.4 dan BA.5 menyumbangkan 21% dari penularan Covid-19 saat ini. Bahkan ahli mengkhawatirkan musim panas ini menjadi momen melonjaknya infeksi corona lantaran anak-anak telah masuk sekolah.

"Kami sangat prihatin," kata Dr. Gregory Poland, kepala kelompok penelitian vaksin Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Rabu (15/6) dikutip dari Reuters.

Sedangkan dari data Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) , hingga pertengahan Mei 2022, subvarian BA.4 dan BA.5 juga telah masuk benua tersebut. Bahkan ECDC telah menyatakan kedua virus itu sebagai perhatian (variant of concern).

Studi ECDC menyatakan BA.4 dan BA.5 mengandung substitusi asam amino L452R, F486V, dan R493Q. Ini menyebabkan penularan yang lebih tinggi ketimbang subvarian sebelumnya.

Dalam catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sudah ada 700 kasus BA.4 terdeteksi di 16 negara dan lebih dari 300 kasus BA.5 ditemukan di 17 negara. Pimpinan Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove menjelaskan, hingga 6 Mei Afrika Selatan sudah melaporkan 395 kasus BA.4 dan 134 kasus BA.5. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...