Kyiv Dihantam Rudal Rusia Jelang Kunjungan Jokowi ke Ukraina

Jokowi pekan ini akan berkunjung ke Kyiv untuk berdialog dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.
Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2022, 14:50
kyiv, ukraina, jokowi, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko/WSJ/dj
Ilustrasi hancurnya gedung tempat tinggal di luar Kyiv, Ukraina, Jumat (29/4/2022).

 

Ibu kota Ukraina, Kyiv, dihantam serangan rudal pada Minggu (26/6). Serangan ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ledakan terjadi di distrik Shevchenkivskyi pukul 06.30 waktu setempat. Distrik ini merupakan lokasi dari beberapa universitas, restoran, hingga galeri seni.

"Ambulans dan tim penyelamat dikerahkan ke tempat kejadian. Warga sedang dievakuasi dari dua bangunan," kata Wali Kota Kyiv Vitali Klistchko pada Minggu (26/6) dikutip dari Deutsche Welle.

Advertisement

Klitschko mengatakan upaya penyelamatan tengah berlangsung kepada orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan. Seorang anak berusia tujuh tahun juga telah diselamatkan dari puing-puing bangunan yang dihantam rudal.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Ukraina, Anton Herashchenko mengatakan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen sembilan lantai. Rudal lain yang ditembakkan meledakkan sebuah taman kanak-kanak.

Adapun perang di wilayah Ukraina Timur hingga saat ini masih berlangsung. Bahkan Rusia telah menduduki kota Severodonetsk usai beberapa pekan pertempuran.

Jatuhnya Severodonetsk merupakan kemenangan terbesar Rusia usai merebut Mariupol di tepi Laut Azov bulan lalu. "Kota ini telah dikuasai sepenuhnya oleh Rusia," kata Wali Kota Severodonetsk Olksandr Stryuk.

Kota ini berada di wilayah Luhansk yang diperebutkan Rusia dengan Ukraina. Adapun pertempuran terjadi antara tentara Ukraina dengan milisi Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang dibantu tentara Rusia.

Ukraina mengatakan Rusia menggunakan taktik yang sama seperti saat meguasai Mariupol yaitu membumihanguskan kota. Oleh sebab itu tentara Ukraina terpaksa mundur ke garis pertahanan berikutnya yakni Lysychansk.

Dari laman Google Map, jarak dari Severodonetsk ke Kyiv, tempat Jokowi bertemu Zelensky, sepanjang 746 kilometer. Jarak tersebut hampir sama dengan perjalanan Jakarta menuju Mojokerto di Jawa Timur.

Sedangkan Jokowi akan bertolak ke Ukraina untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky pada pekan ini. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan mengajak Zelensky untuk membuka dialog perdamaian . 

Setelah itu Jokowi akan datang ke Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin. Misinya tetap sama, mengajak kedua negara berdialog demi menghentikan perang yang berkecamuk sejak Februari 2022 tersebut.

"Membuka dialog dan sesegera mungkin gencatan senjata," kata Presiden. 

Jokowi dan pemerintah tak menyebutkan tanggal pasti kunjungan ke Kyiv. Meski demikian, Presiden diagendakan bertemu Putin pada 30 Juni.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait