KTT G7 Dimulai, Akan Bahas Dukungan ke Ukraina dan Sanksi kepada Rusia

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2022, 09:41
gj, jerman, ukraina, stagflasi
ANTARA FOTO/REUTERS/Marcus Brandt/Pool /aww/cf
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock dan Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa berjalan untuk makan malam saat Konferensi Tingkat Tinggi Menteri Luar Negeri G7 di Weissenhaeuser Strand, Jerman, Kamis (12/5/2022).

Negara-negara yang tergabung dalam G7 akan memulai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Jerman pada Minggu (26/6). Pertemuan kelompok negara maju tersebut dilakukan di tengah perang di Ukraina dan dampaknya seperti stagflasi hingga krisis pangan.

Konferensi Tingkat Tinggi G7 berlangsung resor wilayah pegunungan, Schloss Elmau. Lokasi ini juga pernah digunakan untuk KTT G7 tahun 2015 lalu.

Para pemimpin G7 diperkirakan akan menunjukkan dukungannya kepada Ukraina dan tetap menekan Rusia. Meski demikian, mereka akan menghindari sanksi yang bisa memicu inflasi.

"Pesan utama G7 kemungkinan adalah persatuan, bahwa dalam situasi yang sulit kami tetap berada pada aliansi," kata seorang pejabat Uni Eropa, Minggu (26/6) dikutip dari Reuters.

G7 terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Kanada, dan Jepang. Kelompok ini sebelumnya bernama G8, sebelum Rusia didepak pada 2014 usai mencaplok Semenanjung Krimea.

Seorang pemasok juga mengatakan negara-negara G7 juga akan membicarakan larangan impor emas Rusia. Sedangkan otoritas Jerman menyatakan para pemimpin telah menggelar pembicaraaan tentang batas nilai impor minyak dari Negeri Beruang Merah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...