Kondisi Eks PM Jepang Shinzo Abe Kritis Usai Ditembak saat Berpidato

Ameidyo Daud Nasution
8 Juli 2022, 15:21
jepang, shinzo abe, penembakan
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Pool/hp/cf
Kim Kyung-Hoon/Pool Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara dalam sebuah konferensi pers tentang respon Jepang terhadap penyakit virus korona (COVID-19) di Tokyo, Jepang, Senin (25/5/2020).

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam kondisi kritis usai ditembak pada Jumat (8/7). Saat ini dokter tengah melakukan segala cara demi menyelamatkan nyawa Abe.

Abe ditembak dari belakang saat berpidato jelang pemilihan Majelis Tinggi di Nara. "Saya berharap dan berdoa bahwa mantan PM Abe selamat dari ini," kata PM Jepang Fumio Kishida, Jumat (8/7) dikutip dari The Guardian.

Penembakan tersebut diduga dilakukan oleh mantan personel Angkatan Laut Jepang. Meski demikian Kishida mengatakan bahwa motivasi penembakan yang dilakukan tersangka tidak jelas.

Namun ia mengatakan bahwa serangan itu tak dapat ditoleransi, biadab, serta jahat. "Saya ingin menggunakan kata-kata paling keras untuk mengutuk tindakan ini," katanya.

Ucapan keprihatinan mengalir dari dunia internasional. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken prihatin atas kondisi Shinzo Abe saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...