Yoshihide Suga Resmi Jadi Perdana Menteri Jepang, Gantikan Shinzo Abe

Pingit Aria
16 September 2020, 17:23
Yoshihide Suga terpilih untuk menggantikan Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang, Rabu (16/9).
Instagram/@suga.yoshihide
Yoshihide Suga terpilih untuk menggantikan Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang, Rabu (16/9).

Parlemen Jepang telah memilih Yoshihide Suga sebagai Perdana Menteri. Suga menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena masalah Kesehatan.

Sebagai sekutu Abe di pemerintahan maupun Partai Demokrat Liberal (LDP), ia diharapkan bisa melanjutkan kebijakan pendahulunya. Suga dengan mudah memenangkan pemungutan suara di Diet, majelis rendah, di mana koalisi partainya yang konservatif memegang suara mayoritas.

Advertisement

Bersama dengan kabinet barunya, dia kemudian akan dilantik secara seremonial oleh kaisar di Istana Kekaisaran.

Siapa Yoshihide Suga?

Lahir sebagai anak petani stroberi, politikus veteran ini memiliki latar belakang sederhana. Ini yang membedakan dirinya dari kebanyakan elit politik Jepang, termasuk Abe yang berasal dari keluarga politisi.

Berumur 71 tahun, Suga memiliki karir yang perlahan dalam politik. Dia pertama kali bekerja sebagai seorang sekretaris untuk anggota parlemen LDP sebelum akhirnya memulai karir politiknya sendiri. Beranjak dari pemilihan dewan kota, ia menjadi anggota Diet pada 1996.

Pada 2005, dia menjadi seorang menteri kabinet di bawah Junichiro Koizumi dan memperoleh pengaruh lebih pada kabinet Abe pada masa pemerinthannya yang pertama.

Sebagai tangan kanan dari Abe, Suga mendapatkan reputasi sebagai orang yang efisien dan praktis. Dalam pemungutan suara kali ini, ia juga mendapat dukungan penuh dari Abe.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement