Eks PM Jepang Shinzo Abe Wafat Usai Ditembak saat Berpidato

Kondisi Abe sebelumnya kritis usai ditembak di posisi leher dan dada. Penembakan tersebut diduga dilakukan oleh mantan personel Angkatan Laut Jepang.
Ameidyo Daud Nasution
8 Juli 2022, 16:20
jepang, shinzo abe, meninggal
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe terlihat dari prompter saat ia berbicara dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, Senin (9/12/2019).

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dinyatakan meninggal pada Jumat (8/7). Abe wafat setelah menjalani perawatan usai ditembak saat berpidato di Nara pagi tadi.

Hal ini dikabarkan oleh kantor berita Jepang NHK saat mewawancarai politisi Partai Demokrasi Liberal. Abe berusia 67 tahun saat dinyatakan berpulang.

Sebelumnya kondisi Abe sempat kritis saat mendapatkan tembakan di leher serta dada. Abe ditembak dari belakang saat berpidato jelang pemilihan Majelis Tinggi di Nara.

"Saya berharap dan berdoa bahwa mantan PM Abe selamat dari ini," kata PM Jepang Fumio Kishida, Jumat (8/7) dikutip dari The Guardian.

Advertisement

Penembakan tersebut diduga dilakukan oleh mantan personel Angkatan Laut Jepang. Meski demikian Kishida mengatakan bahwa motivasi penembakan yang dilakukan tersangka tidak jelas.

Namun ia mengatakan bahwa serangan itu tak dapat ditoleransi, biadab, serta jahat. "Saya ingin menggunakan kata-kata paling keras untuk mengutuk tindakan ini," katanya.

Ucapan keprihatinan mengalir dari dunia internasional. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken prihatin atas kondisi Shinzo Abe saat ini. "Ini adalah momen menyedihkan dan kami menanti kabar dari Jepang," kata Blinken di Bali.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait