Krisis Energi Melanda Polandia, Produsen Batu Bara Terbesar di Eropa

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Juli 2022, 20:53
batu bara, energi, polandia
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Kamis (9/12/2021).

Produsen batu bara terbesar di Uni Eropa (UE) Polandia tengah berada dalam ancaman krisis energi. Negara yang menggunakan batu bara untuk sekitar 70% produksi listrik dan bahan bakar pemanas rumah ini berusaha keras untuk mengatasi defisit bahan bakar menjelang musim dingin

Hal ini imbas larangan impor komoditas tersebut dari Rusia. Perdana Menteri Mateusz Morawiecki pada pekan lalu memerintahkan dua perusahaan negara untuk membeli 4,5 juta ton batu bara pada akhir Oktober untuk memasok rumah tangga. Jumlah itu setara setengah dari apa yang diimpor negara itu setiap tahun dari Rusia sebelum perang di Ukraina dimulai.

Adapun konsumsi batu bara di sektor rumah tangga di Polandia menyumbang 87% dari total batu bara yang dikonsumsi oleh semua rumah di UE pada 2019. Sekarang, Polandia sedang berburu batu bara di Kolombia, Australia, dan Afrika Selatan.

“Meskipun ada peningkatan produksi di tambang, kami mungkin masih kekurangan bahan bakar, kami mengalami kekurangan batu bara kronis hari ini,” kata Morawiecki pada konferensi pers di Gliwice pada hari Senin (18/7) dikutip dari Bloomberg.

Morawiecki menambahkan, langkah untuk memburu batu bara dari negara lain tak akan berjalan mulus karena adanya persaingan dengan tetangga mereka. Beberapa negara Eropa yang kini meluncurkan kembali pembangkit listrik batu bara mereka di tengah kekurangan gas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...