Jemaah Haji Tertular, Menkes Prediksi Puncak Covid-19 Bisa Berubah

Ameidyo Daud Nasution
19 Juli 2022, 16:40
covid-19, corona, haji
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kanan) didampingi Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Rizka Andalucia (kedua kiri) mendengarkan paparan hasil penelitian berupa alat kesehatan dan diagnostik kit saat kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/7/2022).

Penularan Covid-19 di Indonesia masih menunjukkan kenaikan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan prediksi puncak kasus di akhir Juli bisa berubah karena munculnya jamaah haji yang menjadi pasien corona.

Namun Budi belum mengatakan berapa jamaah haji yang saat ini pulang dengan status positif Covid-19. Sebelumnya Menkes memprediksi puncak penularan akan mencapai 20 ribu pada pekan ketiga hingga keempat Juli.

"Kami lihat profilnya mungkin agak berubah karena jamaah haji pada berdatangan dan beberapa kena Covid-19," kata Budi di Jakarta, Selasa (19/7) dikutip dari Antara. 

 Prediksi awal diukur berdasarkan penularan yang terjadi di Afrika Selatan, negara asal subvarian BA.4 dan BA.5. Kenaikan kasus di Afsel hanya sepertiga dari puncak Omicron BA.1. 

Begitu pula angka perawatan di rumah sakit juga sepertiga Omicron. Oleh sebab itu ia memperkirakan puncak kasus di Indonesia bisa mencapai 20 ribu dan se telah itu turun kembali.

"Kalau sementara kita lihat, BA.4 dan BA.5 itu tinggi kenaikannya," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...