278 Jemaah Haji Positif Covid-19, Terbanyak dari Surabaya dan Batam

Rizky Alika
4 Agustus 2022, 16:33
covid-19, haji, surabaya, batam
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU
Jamaah haji berswafoto saat turun dari pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (/28/7/2022).

Pemerintah terus mengawasi potensi masuknya Covid-19 dari pintu kedatangan luar negeri. Kementerian Kesehatan pun mendeteksi 278 kasus positif pada jemaah haji tahun ini.

Meski begitu, Ketua Tim KekarantinaanKesehatan Kementerian Kesehatan Imran Pambudi mengatakan jumlah kasus positif corona itu sedikit. "Hasil kami sampai saat ini tidak terlalu tinggi," kata Imran dalam konferensi pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (4/8).

Secara rinci, konfirmasi positif terbanyak ditemukan di Surabaya, yaitu 72 orang. Berikutnya, Batam melaporkan kasus positif sebanyak 68 orang dan
Jakarta 30 orang. Selain itu, kasus corona pada jamaah haji di Padang mencapai 44. 

Dari seluruh kasus positif yang ditemukan, sebanyak 227 kasus ditemukan dari tes rapid antigen. Sementara, 51 kasus positif lainnya terdeteksi melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Adapun, kasus positif diperoleh dari pemeriksaan terhadap 53.505 jamaah haji. Dari jumlah itu, 43.529 orang menjalani tes antigen dan 316 orang tes PCR.

Dengan demikian, rasio positif PCR mencapai 0,1%. Sementara, jumlah jamaah haji yang sudah disuntik vaksin dosis ketiga mencapai 628 orang."Positivity rate kita itu kecil," kata Imran.

Meskipun jumlahnya sedikit, pemerintah tetap melakukan perawatan khusus kepada jamaah yang positif Covid-19. Salah satunya dengan menjemput pasien dengan mobil khusus.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...