Mahfud Ungkap Ferdy Sambo Seperti Punya Kerajaan di Dalam Polri

Ameidyo Daud Nasution
18 Agustus 2022, 19:50
ferdy sambo, brigadir j, polri
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba untuk menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Pengungkapan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sempat menemui kendala. Hal ini lantaran ada sejumlah personel kepolisian yang ikut menghalangi penyidik untuk membongkar kasus tersebut.

Selain itu, kasus ini membuka tabir di dalam Korps Bhayangkara. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo seperti memiliki kerajaan sendiri.

"Ini yang menghalang-halangi, yang 31 orang itu yang sudah ditahan," kata Mahfud dalam siniar Akbar Faizal Uncensored yang disiarkan pada Rabu (17/8).

Mahfud menjelaskan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) memiliki kekuasaan besar. Alasannya, posisi tersebut menentukan karier hingga pemecatan anggota Polri.

Ia juga mencium adanya pusat-pusat kekuatan di internal Polri. Ini mengakibatkan Kapolri mengalami kendala dalam membongkar kasus kematian Brigadir J.

"Bukan rahasia ada banyak kelompok, ada A, B, C, ada Brimob, Propam, Bareskrim, dan itu tidak sepenuhnya satu," kata Mahfud.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...