Janji SP3 dari Sambo Kandas, Bharada E Bongkar Pembunuhan Brigadir J

Ameidyo Daud Nasution
24 Agustus 2022, 15:56
bharada e, ferdy sambo, kapolri
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo (tengah) berjalan keluar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo saat ini telah menjadi tersangka dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Terbongkarnya peran Sambo tak lepas dari keterangan yang diberikan Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Richard awalnya memberikan keterangan yang berbeda terkait kematian Brigadir J. Namun, polisi tersebut mengubah pernyataannya karena janji Sambo memberikannya Surat Perintah Penghentian Perkara atau SP3 kasus ini tak terealisasi.

"Richard dapat janji dari FS membantu lakukan SP3. Faktanya, dia tetap menjadi tersangka," kata Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Rabu (24/8).

 Listyo mendapatkan pernyataan Richard ini dari pemeriksaan yang langsung dilakukannya. Pada 6 Agustus, sang bharada berjanji ingin menjelaskan peristiwa sesungguhnya di Duren Tiga.

"Dia jelaskan secara urut kejadian dari Magelang sampai Duren Tiga, dirinya mengaku menembak Yosua atas perintah FS," kata Listyo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...