Ketua DKPP Heddy Lugito Mundur dari Komisaris BUMN Sang Hyang Seri

Sebelumnya Heddy menyatakan bahwa dirinya tidak perlu mundur dari posisinya sebagai Komisaris PT Sang Hyang Seri.
Ameidyo Daud Nasution
12 September 2022, 11:37
dkpp, bumn, heddy lugito
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp..
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terpilih Heddy Lugito menyampaikan konferensi pers di kantor DKPP, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Heddy Lugito telah menjadi Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Ia akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Komisaris Independen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Sang Hyang Seri (Persero).

“Sejak Sabtu kemarin saya sudah memutuskan mengundurkan diri dari posisi Komisaris PT Sang Hyang Seri (Persero),” kata Heddy, dalam keterangan tertulis, pada Minggu (11/9).

Ia telah menyampaiakan niatan pengunduran dirinya tersebut kepada Menteri BUMN Erick Thohir melalui telepon serta pesan WhatsApp, dan telah disetujui. Sementara itu, surat pengunduran dirinya akan disampaikan pada Senin (12/9).

“DKPP tidak boleh “dimadu”. Mari kita bergandeng tangan, bekerja keras, fokus meningkatkan kualitas Pemilu dan demokrasi di negeri yang kita cintai ini,” tambahnya.

Advertisement

Sebelumnya, ia menyatakan bahwa dirinya merasa tidak perlu mundur dari posisinya sebagai Komisaris PT Sang Hyang Seri. Alasannya, rangkap jabatan di BUMN bidang pertanian itu tidak akan menimbulkan konflik kepentingan. 

Presiden Joko Widodo melantik lima orang DKPP 2022-2027 Unsur Tokoh Masyarakat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9) lalu. Kelima nama tersebut yaitu I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ratna Dewi Pettalolo, Muhammad Tio Aliansyah, Heddy Lugito, dan J. Kristiadi. Adapun dua anggota lainnya yang berasal dari KPU, yaitu Yulianto Sudrajat dan Bawaslu Puadi.

Pelantikan kelima anggota DKPP tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 82/P Tahun 2022 yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Juli 2022 lalu.

Sebelum menjadi komisaris, Heddy lama berkarir di bidang jurnalistik serta media massa. Heddy pernah menduduki posisi Pemimpin Redaksi Majalah Gatra, Pemimpin Redaksi Gatranews.com (2012-2016), Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (2009-2017), ia pun aktif di Forum Pemimpin Redaksi (Pemred). 

 

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait