Mahfud Tak Ambil Pusing Data Pribadinya Dibocorkan Hacker Bjorka

Ameidyo Daud Nasution
13 September 2022, 14:40
bjorka, mahfud, hacker
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan paparan saat menjadi pembicara kunci dalam diskusi publik bertajuk Sabam Sirait dalam berjuang bagi demokrasi dan HAM di Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menerima laporan bahwa data pribadinya dibocorkan Bjorka. Mahfud mengaku tak ambil pusing jika data pribadinya dibocorkan.

Ini lantaran data pribadinya terbuka untuk masyarakat dan bisa diakses di laman Wikipedia hingga Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN).

"Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu," kata Mahfud dalam akun Twitternya, Selasa (13/9).

Sebelumnya, hacker Bjorka mengklaim dirinya memiliki 26.730.797 data histori browsing pelanggan IndiHome, termasuk Kartu Tanda Penduduk (KTP), email, nomor ponsel, kata kunci, domain, platform, dan URL.

Peretas itu menjual 105 juta data diduga milik warga negara Indonesia. Data yang dijual berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau terkait pemilu.

Data pribadi, termasuk nomor telepon sejumlah pejabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga pendengung Denny Siregar juga dibocorkan Bjorka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...