Empat Wilayahnya Dicaplok Putin, Ukraina Ajukan Jalur Cepat Masuk NATO

Ameidyo Daud Nasution
1 Oktober 2022, 09:33
ukraina, putin, rusia
ANTARA FOTO/REUTERSaww.
Romanian President Klaus Iohannis, Italian Prime Minister Mario Draghi, Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy, French President Emmanuel Macron and German Chancellor Olaf Scholz arrive for a news conference in Kyiv, Ukraine June 16, 2022. Ludovic Marin/Pool via

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengajukan keanggotaan jalur cepat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Hal ini terjadi usai Rusia mencaplok empat wilayah Ukraina yakni Zaporizhia, Kherson, Donetsk, dan Luhansk.

Zelensky juga menutup potensi pembicaraan damai dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam sebuah video, Zelensky bersama Perdana Menteri Ukraina Denis Shmyhal dan Ketua Parlemen Ukraina Ruslan Stefanchuk menunjukkan dokumen aplikasi NATO yang telah diteken mereka.

Advertisement

"Kami mengambil langkah tegas dengan menandatangani aplikasi untuk aksesi ke NATO," kata Zelensky pada Jumat (30/9) dikutip dari Reuters.

Belum jelas apa reaksi Kremlin melihat langkah terbaru Zelensky. Meski demikian, sebelum menginvasi Ukraina, Moskow menuntut jaminan Kyiv tak akan bergabung dengan NATO.

Zelensky juga mengatakan Rusia telah menulis ulang sejarah dan menggambar ulang perbatasan dengan kebohongan. Ia juga menutup rapat peluang bernegosiasi dengan Putin.

"Kami siap berdialog dengan Rusia, tetapi dengan Presiden Rusia yang lain (nantinya)," kata Zelensky.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement