Jokowi Kunjungi Kanjuruhan Hari Ini, Bagikan Santunan Rp 50 Juta

Rizky Alika
5 Oktober 2022, 10:19
jokowi,
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

 Presiden Joko Widodo akan mengunjungi korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Presiden akan bertolak ke Malang pada hari ini (5/8) untuk membagikan santunan.

“Iya (Jokowi ke Malang) habis Hari Ulang Tahun TNI,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Rabu (5/10).

Advertisement

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Kepala Negara akan menyerahkan sendiri bantuan sosial itu. “Sebagai bentuk simpati dan empati," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (4/10). Adapun, bantuan yang diserahkan senilai Rp 50 juta per orang.

Berdasarkan data pemerintah pusat, jumlah korban meninggal mencapai 125 orang. Bantuan akan diserahkan di Jawa Timur. "Mungkin di Malang, di Surabaya," ujar dia.

Tragedi di Kanjuruhan bermula dari pertandingan Liga 1 antara tuan rumah Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang. Pertandingan berakhir dengan skor 2-3 untuk kesebelasan tamu.

Sejumlah penonton yang memasuki lapangan usai pertandingan direspons oleh aparat keamanan dengan kekerasan dan tembakan gas air mata. Situasi tersebut menimbulkan kepanikan penonton dan mengakibatkan kekacauan. Mayoritas korban mengalami luka akibat terinjak dan kekurangan oksigen.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement