Usai Tragedi Kanjuruhan, Muncul Petisi Desak Ketua Umum PSSI Mundur

Ameidyo Daud Nasution
6 Oktober 2022, 11:39
tragedi kanjuruhan, pssi, iwan bule
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Ketua Umum PSS Mochamad Iriawan (tengah) didampingi Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) dan Manajer Timnas Sumardji (kiri) memberikan keterangan pers setibanya dari Kuwait di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/6/2023).

Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022 lalu berbuntut panjang. Muncul petisi untuk mendesak Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan mundur dari posisinya.

Petisi ini diajukan Perhimpunan Jurnalis Rakyat yang ditujukan kepada PSSI. Tak hanya itu, dalam petisi tersebut mereka juga meminta pengurus PSSI segera meletakkan jabatannya.

Dalam keterangannya, mereka mengatakan kematian suporter Arema di Kanjuruhan merupakan tragedi terbesar sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia. Oleh sebab itu mereka meminta Iriawan bertanggung jawab penuh.

"Tragedi Kanjuruhan ini sungguh disayangkan karena merusak citra sepak bola Indonesia yang mulai bangkit," demikian tertulis dalam laman Change.org, Kamis (6/10).

Mereka menyoroti langkah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang tetap menggelar pertandingan Arema melawan Persebaya pada 20.00 WIB, padahal Polres Malang meminta pertandingan digeser ke 15.30 WIB.

Ternyata, PT LIB tetap melaksanakan pertandingan pada malam hari. LIB sebelumnya menggelar rapat dengan stasiun televisi membahas jam pertandingan.

"Jelas ini masalah rating penonton TV," demikian tertulis.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...