Dugaan Pakar Penyebab Obat Sirop Mengandung Racun Etilen Glikol

Ameidyo Daud Nasution
21 Oktober 2022, 18:50
gagal ginjal akut, obat, etilen glikol
Apoteker menunjukan obat sirop di salah satu apotek di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (21/10/2022).

Kementerian Kesehatan telah menghentikan penggunaan obat sirop usai munculnya kasus gagal ginjal akut. Ini karena ada dugaan kandungan etilen glikol dalam beberapa obat memicul penyakit tersebut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan etilen glikol maupun dietilen glikol bukan merupakan bahan baku. Namun senyawa ini bisa muncul jika pembuatan polietilen glikol dilakukan secara tidak baik.

Advertisement

"Kalau polietilen glikol ini dibuat dengan tidak baik, maka akan tercemar dan mengandung etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol buthyl ether (EBGE)," kata Budi saat konferensi pers, Jumat (21/10).

Belum jelas, bagaimana senyawa tersebut bisa masuk dalam obat sirop. Meski demikian epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman berpendapat hal ini bisa saja terjadi karena dampak pandemi Covid-19.

Dicky menjelaskan, saat pandemi sedang melanda Indonesia, kebutuhan obat sirop meningkat. Ini terjadi karena balita tidak mendapatkan vaksin, sehingga mereka memerlukan obat konvensional.

Hal ini mengakibatkan produsen harus memacu produksinya karena kebutuhan obat sirop untuk anak-anak sangat besar. "Di sini sering terjadi pengabaian, apalagi pemantauan di Indonesia lemah," kata Dicky kepada Katadata.co.id, Jumat (21/10).

Dia menilai, pengawasan obat yang dilakukan dalam pandemi agak melemah. Sementara, produksi obat-obatan harus terus digenjot. "Titik (lemah) belum bisa diidentifikasi, tapi harus dilihat satu per satu," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement