Kemenkes Temukan Pasien Pertama Covid-19 XBB, Bergejala Demam

Ameidyo Daud Nasution
22 Oktober 2022, 14:15
xbb, covid-19, corona
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Warga berjalan di dekat mural bertema pencegahan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Pemerintah telah mendeteksi satu kasus Covid-19 Subvarian Omicron XBB. Pasien pertama ini merupakan perempuan 29 tahun yang baru kembali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kementerian Kesehatan mengatakan kasus XBB pertama ini merupakan transmisi lokal. Pasien juga sempat mengalami gejala batuk, pilek, dan demam meski saat ini telah dinyatakan negatif.

"Dinyatakan positif pada 26 September. Setelah menjalani isolasi, pasien telah dinyatakan sembuh pada 3 Oktober," kata Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/10).

Dengan adanya temuan ini, Kemenkes melakukan tes dan penelusuran kasus terhadap 10 kontak erat. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif subvarian XBB.

Syahril mengatakan meski XBB cepat menular, namun fatalitasnya tak lebih parah dari Omicron. Namun, Indonesia belum bisa dikatakan aman karena selama 7 hari terakhir ada 24 provinsi yang melaporkan kenaikan kasus.

Makanya Syahril meminta masyarakat mengedepankan protokol kesehatan seperti memakai masker hingga mencuci tangan. Vaksinasi juga akan terus digenjot untuk meningkatkan proteksi.

"Segera booster bagi yang belum untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat Covid-19," kata Syahril.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...