BPOM AS Setujui Vaksin Booster Khusus Omicron BA.4 dan BA.5

Rizky Alika
1 September 2022, 16:22
Vaksin Covid 19 Moderna
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Kasus Covid-19 saat ini masih didominasi oleh varian Omicron. Untuk menekan kasus, Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (US FDA) telah mengesahkan vaksin penguat Pfizer /BioNTech dan Moderna yang menargetkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Mengutip dari Reuters pada Kamis (1/9), pemberian lampu hijau pada vaksin itu dilakukan pada Rabu (31/8) waktu setempat. Pengesahan seiring dengan persiapan pemerintah untuk kampanye vaksinasi pada musim gugur.

Advertisement

Pejabat senior FDA Peter Marks berharap suntikan itu akan memberikan perlindungan yang sangat baik dibandingkan vaksin awal yang diluncurkan pada awal 2021.

"Kami belum tahu pasti apakah akan mencapai level yang sama. Tetapi itulah tujuannya," kata Marks. Adapun, vaksin yang diperbaharui itu mencakup versi asli virus yang ditargetkan oleh vaksin Covid-19 sebelumnya.

FDA menyebutkan syarat vaksin Covid-19 khusus Omicron ditujukan untuk orang berusia 12 tahun ke atas yang telah menjalani serangkaian vaksinasi primer. Selain itu, penerima setidaknya telah berjarak dua bulan dari suntikan booster sebelumnya. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement