Survei Kompas: Ganjar Ungguli Anies-Prabowo dalam Simulasi 2 Capres

Survei menunjukkan nama Anies
Ameidyo Daud Nasution
27 Oktober 2022, 11:14
survei, ganjar, anies, prabowo
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri ketiga) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan ketiga) menyebar apem saat Tradisi Sebar Apem Yaa Qawiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).

Survei Litbang Kompas memberikan gambaran mengenai potensi elektabilitas calon presiden jika Pemilihan Presiden berlangsung dengan dua calon. Dari hasil penjaringan opini mereka, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul jika diadu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan.

Survei dilakukan kepada 1.200 responden di 34 provinsi pada 24 September 2022 - 7 Oktober 2022. Survei yang dilakukan dengan wawancara tatap muka ini memiliki tingkat toleransi kesalahan 2,8%.

Dari hasil wawancara, elektabilitas Ganjar unggul melawan Anies dengan yakni 52,8% banding 47,2%. Politisi PDIP itu juga masih unggul jika diadu dengan Prabowo yakni 52,9% dengan 47,1%.

Meski demikian, Prabowo unggul secara signifikan jika diadu dengan Anies Baswedan. Ketua Umum Partai Gerindra itu mendapatkan 61,1% suara, sedangkan Anies hanya meraup 38,9%.

Advertisement

Jika simulasi diperluas, nama Ganjar memiliki elektabilitas tertinggi dengan 23,2%. Di bawahnya adalah Prabowo Subianto dengan elektabilitas 17,6% dan Anies Baswedan yang dipilih 16,5% responden.

Elektabilitas Ganjar terus merangkak sejak 2019 dan menyalip Prabowo yang sebelumnya bercokol di peringkat pertama. Pada Juni 2019, politisi PDIP itu dipilih oleh 22% responden, di bawah Prabowo yang mendapatkan 25,3% suara.

Tren elektabilitas Anies Baswedan juga menunjukkan kenaikan sejak Oktober 2021 yakni 9,6%. Sementara, nama Prabowo terus menunjukkan tren penurunan sejak Januari 2021.

Di luar tiga nama teratas, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mendapatkan elektabilitas 8,5%. Posisi ini melonjak dari Juni 2022 yakni 3,4%.

Di posisi lima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 2,5%, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 2,3% suara, serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang dipilih 2,2% responden.

Berikutnya ada pula nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan 1,2% suara, Ketua DPR Puan Maharani 1% suara, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama dengan 0,7% suara, dan Menteri BUMN Erick Thohir yang dipilih 0,7% responden.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait