Korut Luncurkan Rudal Balistik ke Atas Laut Jepang, Tokyo Protes

Andi M. Arief
3 November 2022, 16:47
korut, rudal balistik, jepang
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA /AWW/dj
REUTERS . . . NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN SOUTH KOREA. Pemandangan apa yang media sebut sebagai peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM) "Hwasong 17" dalam foto tanpa tanggal yang dirlis Kantor Berita Sentral Korea Utara (KCNA) pada Jumat (25/3/2022).

Korea Utara kembali luncurkan rudal balistik pada pagi ini, Kamis (3/11), ke arah Jepang. Pemerintah Jepang langsung merespon dengan memberikan protes keras melalui jalur diplomatik di Beijing.

Kementerian Pertahanan Jepang mencatat sejumlah rudal terbang ke arah Laut Jepang dari arah Korea Utara sekitar 07.40 waktu setempat. Sebuah rudal balistik jarak menengah atau jarak jauh terbang sekitar 750 kilometer (Km) dengan ketinggian 2.000 Km.

"Tidak satu pun rudal dilaporkan terbang di dalam Zona Ekonomi Eksklusif Jepang. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan," kata Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Matsuno Hirozaku, Kamis (3/11) dikutip dari NHK.

Matsuno memastikan rudal yang terbang di atas Laut Jepang merupakan rudal balistik milik Korea Utara. Menurutnya, proyektil dari rudal tersebut merupakan rudal balistik antarbenua atau ICBM.

Sistem peringatan darurat nasional Jepang atau J-ALERT mendata sebuah rudal Korea Utara melintasi tiga provinsi pada 07.48 waktu setempat, yakni Miyagi, Yamagata, dan Niigata. Namun sistem tersebut merevisi laporannya lantaran rudal tersebut hilang di atas Laut Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang menilai ada rudal lain dari Korea Utara yang diluncurkan pada 08.40 waktu setempat. Matsuno mengatakan Dewan Keamanan Nasional Jepang telah mengadakan pertemuan terkait kejadian pagi hari ini.

Para menteri terkait terus mewaspadai adanya kemungkinan peluncuran rudal lebih lanjut. Selain itu, Matsuno menyampaikan akan bekerja sama erat dengan Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa atau PBB dalam merespon situasi tersebut, termasuk dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...