Kemenkes: 95% Pasien Gagal Ginjal Akut Membaik Usai Gunakan Fomepizole

Andi M. Arief
3 November 2022, 20:13
gagal ginjal akut, fomepizole, obat sirop
Istimewa
Obat gagal ginjal akut, Fomepizole sumbangan dari Jepang tiba di Indonesia pada Jumat (29/10) malam.

Kementerian Kesehatan menemukan sebanyak 95% pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal atau GGAPA yang menerima Fomepizole membaik. Sejauh ini, telah ada 246 vial obat tersebut digunakan untuk pasien.

Juru Bicara Kemenkes Syahril mengatakan sebanyak 87% atau sekitar 108 vial Fomepizole merupakan donasi dari negara lain. Sejauh ini, telah ada 17 rumah sakit di 11 provinsi yang mendapatkan Fomepizole.

Advertisement

"Ada perbaikan kondisi pasien setelah diberikan terapi pengobatan Fomepizole, ini membuktikan pengobatannya efektif menyembuhkan dan mengurangi perburukan gejala," kata Syahril dalam keterangan tertulis, Kamis (3/11).

Kemenkes tidak menjual obat secara langsung kepada masyarakat. Syahril mengatakan tujuan distribusi Fomepizole adalah untuk menyelamatkan anak yang terkena gangguan ginjal akut.

Fomepizole adalah obat penawar atau antidotum bagi kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dalam pasien gangguan ginjal akut. Menurutnya, pernyataan tersebut telah disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Di sisi lain, kasus baru gangguan ginjal akut telah menurun sejak 18 Oktober 2022. Syahril menjelaskan hal tersebut disebabkan oleh imbauan Kemenkes kepada tenaga kesehatan dan apotek untuk tidak memberikan obat sirop kepada masyarakat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement