Dampak Gempa, Lalu Lintas dari Puncak Menuju Cianjur Lumpuh

Andi M. Arief
21 November 2022, 15:57
gempa, jalan, puncak
Kementerian PUPR
Longsor di Jalan Raya Cipanas menuju Cianjur karena gempa yang terjadi pada Senin (21/11)). Foto; Kementerian PUPR

Gempa di Cianjur mengakibatkan dampak pada lalu lintas.  Gempa memicu longsor di Jalan Raya Cipanas-Cianjur di Kecamatan Cugenang dan berdampak pada lumpunya lalu lintas.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang memobilisasi alat berat untuk membersihkan jalan yang terhalangi oleh pohon atau tiang listrik yang tumbang akibat gempa. Selain itu, alat berat juga digerakkan menuju titik-titik yang berpotensi tertutup akibat longsor.

"Pertama itu, kami melakukan pembersihan supaya lalu lintas normal lagi. Informasinya, tim sudah di lapangan dan sedang menunggu kedatangan alat berat untuk pembersihan. Itu langkah paling cepat kami," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada Katadata.co.id, Senin (21/11).

Menurutnya, pembersihan jalan raya tersebut terbilang penting agar lalu lintas antara Puncak dan Cianjur kembali normal. Mobilisasi alat berat juga diarahkan ke titik-titik jalan yang retak akibat gempa untuk mengantisipasi gempa susulan.

Sejauh ini, Endra belum mendapatkan laporan ada jalan lain yang terputus akibat gempa berkekuatan 5,6 skala Richter tersebut. "Malam ini kami sudah punya gambaran yang lebih lengkap mengenai kondisi ruas-ruas jalan nasional kita," kata Endra.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...