Menhan Prabowo Enggan Nonton Piala Dunia 2022, Ada Apa?

Ameidyo Daud Nasution
27 November 2022, 15:26
prabowo, piala dunia, sepak bola
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Menhan Prabowo Subianto melambaikan tangan saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku tak mau menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar. Alasannya, Tim Nasional Indonesia tak berpartisipasi dalam ajang sepak bola terbesar itu.

"Di televisi pun saya enggak mau (menonton) karena Indonesia tidak bermain," kata Prabowo di Jakarta, Minggu (27/11) dikutip dari Antara.

Prabowo mengatakan bahwa Indonesia seharusnya bisa berlaga di Piala Dunia. Apalagi banyak negara yang berukuran lebih kecil mampu mengikuti ajang tersebut, salah satu contohnya Ghana.

Makanya, Prabowo berencana mengajak atlet muda sepak bola ke Qatar untuk masuk akademi. Menurutnya, salah satu akademi terbaik sepak bola saat ini berada di negara tersebut.

"Saya sudah minta izin pemimpin Qatar, tapi tunggu Piala Dunia selesai habis itu saya pergi mengantar anak-anak kita," kata Prabowo.

Piala Dunia
Piala Dunia (AP Photo/Luca Bruno)

 

Indonesia terakhir kali lolos ke ajang ini pada tahun 1938, saat itu Timnas berlaga dengan nama Hindia Belanda. Tim tersebut langsung dikalahkan Hungaria pada pertandingan pertama dengan skor 6-0.

Indonesia juga merupakan anggota Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Sedangkan anggota AFC yang lolos ke Piala Dunia 2022 adalah Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, Arab Saudi, dan Qatar selaku tuan rumah.

Meski demikian Qatar juga menjadi tim pertama yang tereliminasi dari Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Senegal dengan skor 1-3. Adapun juara bertahan Prancis memastikan diri menjadi negara pertama yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022, setelah menyapu bersih dua kemenangan beruntun.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait