Survei Terbaru SMRC: Ganjar Capres Teratas, Diikuti Prabowo dan Anies

Ameidyo Daud Nasution
27 November 2022, 16:44
ganjar, anies, prabowo
Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada perlombaan 17-an Narasi, Sabtu (20/08/2022).

Nama Ganjar Pranowo masih mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam bursa calon presiden. Dalam Survei Saipul Mujani Research and Consulting (SMRC), Ganjar masih dipilih paling banyak oleh responden.

Survei dilakukan pada 5 hingga 13 November kepada 1.220 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei yang dilakukan pada 5 hingga 13 November ini mencapai 3,1%.

Dalam simulasi terbuka, sebanyak 16,6% responden memilih Ganjar sebagai calon presiden mereka. Sedangkan Prabowo dan Anies mendapatkan 13,4% dan 12,1% suara. Masih ada pula 13,% masyarakat yang memilih Joko Widodo sebagai capres pada 2024.

"Nama-nama lainnya masih jauh di bawah mereka," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam konferensi pers Minggu (27/11).

Dalam survei semi terbuka pada 45 tokoh, Ganjar juga masih mengungguli Prabowo dan Anies. Ganjar mendapatkan 26,7% suara, sedangkan Prabowo dipilih oleh 18,8% responden dan Anies dipilih 17% masyarakat.

"Anies dan Prabowo tidak berbeda signifikan, sehingga tak bisa disimpulkan mana yang lebih kuat," kata Deni.

Tren keterpilihan Anies dan Ganjar terus meningkat dari survei Maret 2021 lalu. Sedangkan elektabilitas Prabowo cenderung menurun dalam 1,5 tahun.

Pemilih Ganjar pada Maret 2021 lalu hanya mencapai 8,8%, sedangkan Anies sebesar 11,2%. "Sedangkan prabowo turun dari 20% ke 18,8%," kata Deni.

Adapun dalam format tiga nama, maka Ganjar tetap yang tertinggi dengan 33,5% suara responden. Di bawahnya adalah Prabowo dengan 30,1% suara, Anies dengan 25,1% suara, dan responden yang tidak tahu atau tak menjawab sebesar 11,3%.

"Tetap tidak ada yang 50%, maka pilpres bisa dua putaran," kata Deni.

Survei SMRC juga menguji elektabilitas petinggi partai politik seperti Puan Maharani dan Airlangga Hartarto. Jika diadu dalam format empat nama bersama Ganjar, Prabowo, dan Anies, maka Puan hanya mendapatkan 3,4% suara responden.

Sedangkan jika nama Ganjar digantikan Airlangga dalam format empat nama, maka elektabilitas Prabowo menjadi yang tertinggi dengan 36,1% suara.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait