Rapat Paripurna DPR Sahkan Yudo Margono jadi Panglima TNI

Ade Rosman
13 Desember 2022, 11:17
yudo margono, tni, panglima tni
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022).

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Kepala Staf Angkatan laut (KSAL) tersebut akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember ini.

Pengesahan tersebut disampaikan dalam rapat paripurna DPR Ke-12 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023, pada Selasa (13/12). Pada rapat tersebut, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid menyampaikan laporan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI yang telah dilaksanakan oleh Komisi I pada Jumat, (2/12) lalu.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Meutya.

Pada kesempatan yang sama, Meutya juga menyampaikan Komisi I menyutujui pemberhentian dengan hormat, Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani yang memimpin jalannya rapat meminta persetujuan dari peserta rapat mengenai laporan yang disampaikan Komisi I tersebut.

"Apakah laporan Komisi I DPR atas hasil fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika perkasa dari Panglima TNI, dan pengangkatan Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI dapat disetujui?" kata Puan.

"Setuju," kata anggota DPR di ruang rapat.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...