Pemerintah Antisipasi Puncak Arus Mudik Natal Pada 23 dan 24 Desember

Andi M. Arief
19 Desember 2022, 18:28
natal, nataru, tahun baru
ANTARA FOTO/Ardiansyah/rwa.
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Sabahbalau, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (3/1/2021).

Pemerintah tengah mempersiapkan pengamanan guna mengantisipasi 44 juta orang bepergian saat masa liburan Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Ini karena jumlah masyarakat yang akan bepergian meningkat 13% dari tahun lalu.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memprediksi puncak mudik Natal 2022 adalah 23-24 Desember 2022. Sementara itu puncak arus balik akan terjadi pada 25-26 Desember 2022.

Selain itu, puncak arus mudik pada Tahun Baru 2023 akan terjadi pada 30-31 Desember 2022. Sementara arus balik diperkirakan terjadi pada 1-2 Januari 2023.

"Kementerian Perhubungan, Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, PT Pertamina, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana sudah siap," ujar Muhadjir dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Senin (19/12).

Sedangkan Kepolisian Republik Indonesia atau Polri telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas darat selama Nataru. Skema yang akan dilakukan mengacu pada pelaksanaan rekayasa lalu lintas pada masa Mudik dan Lebaran 2022.

Kepala Polri Listyo Sigit Prabowo mengatakan keputusan rekayasa lalu lintas akan bergantung pada keputusan bersama antara Polri, Kementerian Perhubungan, dan PT Jasa Marga Tbk.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...