Sembilan Jalan Tol Baru Dibuka dengan Tarif Gratis Jelang Nataru

Tia Dwitiani Komalasari
16 Desember 2022, 20:31
Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II yang memasuki penyelesaian tahap akhir pembangunan di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.
Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II yang memasuki penyelesaian tahap akhir pembangunan di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II sepanjang 16,31 Km akan beroperasi pada akhir 2022 guna mendukung libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Sembilan jalan tol dibuka fungsional jelang natal dan tahun baru atau nataru. Penggunaan jalan tol tersebut tidak dipungut biaya karena belum beroperasi secara resmi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Kementerian PUPR akan mengoperasionalkan secara fungsional 7 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol di Sumatera.

Advertisement

"Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” kata Basuki saat menghadiri Rapat Koordinasi Rakor Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Nataru di Mabes Polri, Jumat (16/12/2022).

Basuki mengatakan, semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah dihentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru.

“Exit tol menuju jalan industri yang semula berupa jalan tanah merah, sudah dilakukan perkerasan dan diselesaikan pada tanggal 15 Desember 2022," kata Basuki.

Tujuh ruas jalan tol di Jawa yang dibukan fungsional adalah:

1. Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan Seksi 2 dan 3 Ranca Kalong-Sumedang, Sumedang–Cimalaka sepanjang 21 km
2. Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu Seksi 2A Jaka Sampurna – Kayuringin – Ujung sepanjang 4,8 km
3. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Tahap 1 Junction Wringanom sepanjang 7,4 km
4. Tol Semarang Demak Seksi 2 Sayung – Demak sepanjang 16,31 km
5. Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3A Kukusan – Cinere sepanjang 3 km
6. Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepajang 11,9 km
7. Tol Jakarta Cikampek Selatan Segmen Sadang – Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement