Menkes Akan Cek Kemampuan Pemda Untuk Naikkan Gaji Dokter Spesialis

Andi M. Arief
20 Desember 2022, 19:15
dokter, spesialis, gaji
Kementerian Kesehatan
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, melaksanakan dialog interaktif bersama Direktur RSUD, Organisasi Profesi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, KPS dan Residen 7 Spesialis FKUI dan FK UNPAD, serta peserta PDGS angkatan 17 - 20 di Hotel Mercure Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Wacana kenaikan gaji dokter spesialis di daerah masih belum menemukan kepastian. Saat ini, Kementerian Kesehatan masih mempelajari besaran gaji dengan para dokter spesialis dan pemerintah daerah.

Meski demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap para dokter spesialis di daerah menerima gaji tepat waktu dengan nilai yang cukup.

"Kami lagi mempelajari kemampuan pemerintah daerah berapa untuk menggaji para dokter spesialis tersebut. Saat ini belum ada obrolan lebih lanjut," kata Budi di Jakarta, Selasa (20/12).

Sebelumnya, Budi mengatakan telah berdiskusi dengan Kementerian Keuangan dan beberapa pemerintah daerah terkait hal tersebut. Sebagai informasi, Ikatan Dokter Indonesia atau IDI menyatakan insentif menjadi salah satu alasan dokter spesialis enggan bertugas di daerah.

IDI mencatat jumlah puskesmas yang beroperasi tanpa dokter pada 2020 mencapai 6,9% dari total puskesmas di dalam negeri. Sementara itu, total rumah sakit umum daerah atau RSUD yang belum memiliki tujuh jenis dokter spesialis mencapai 296 unit atau 41,58% dari total RSUD.

Ketujuh jenis dokter spesialis yang dimaksud adalah dokter spesialis anak, obstetri dan ginekologi, penyakit dalam, saraf atau neurologis, anestesi, radiologi, dan patologi klinik.

Provinsi dengan rumah sakit terbanyak yang telah memiliki semua jenis dokter spesialis adalah Jawa Tengah yang mencapai 47 RSUD. Sementara itu, provinsi dengan RSUD terbanyak yang belum memiliki semua jenis dokter spesialis adalah Sumatra Selatan atau sebanyak 17 unit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...