Jokowi Jajal LRT Jabodetabek ke Taman Mini, Perjalanan Tanpa Masinis

Andi M. Arief
26 Desember 2022, 10:30
Presiden Joko Widodo bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menhub Budi Karya saat menjajal LRT Jabodebek di Jakarta, Senin (26/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menhub Budi Karya saat menjajal LRT Jabodebek di Jakarta, Senin (26/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah mencoba melakukan perjalanan dengan kereta lintas raya terpadu atau LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kepala Negara mencatat perjalanan tersebut dipandu tanpa masinis dan memakan waktu sekitar 12 menit. 

Artinya, perjalanan sejauh 9 kilometer (Km) tersebut ditempuh dengan kecepatan 80 Kam per jam. Namun yang membuat Presiden Jokowi senang adalah kereta LRT tersebut dibuat anak bangsa. 

"Yang kita senang, kita bangga kereta ini adalah buatan INKA. Semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya," kata Presiden Jokowi di Stasiun TMII, Senin (26/12).

Jokowi menilai pengoperasian LRT sudah nyaman dan cepat. Akan tetapi, Presiden masih menemukan beberapa evaluasi terkait LRT yang baru dicoba, yakni bunyi kecil saat LRT berbelok. 

Presiden berharap proyek pembangunan LRT tersebut dapat rampung pada pertengahan 2023. Artinya, pengoperasian LRT akan berbarengan dengan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB. 

Sejauh ini, progres konstruksi proyek LRT telah mencapai 87%. Jokowi mengatakan 13% konstruksi yang belum dikerjakan berkaitan dengan sinkronisasi sistem dan penyelesaian depo kereta LRT. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...