Di Tengah Isu Reshuffle, Prabowo Temui Jokowi di Istana

Prabowo mengundang Jokowi hadir dalam Rapim Kemenhan 18 Januari mendatang. Ketum Gerindra tersebut hadir di tengah isu reshuffle
Andi M. Arief
6 Januari 2023, 16:07
prabowo, jokowi, gerindra
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) bersama dengan Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra (kiri) dan Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej (kanan) mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/1). Prabowo mengundang Jokowi hadir dalam Rapat Pimpinan Nasional Kementerian Pertahanan pada 18 Januari 2022.

"Pak Menhan juga mengundan dan mengharapkan kehadiran Bapak Presiden jika belum ada agenda pada waktu yang sama," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Jumat (6/1).

Prabowo hadir di tengah isu reshuffle yang terus dihembuskan Jokowi. Meski demikian, belum ada kepastian apakah Ketua Umum Gerindra itu membicarakan isu perombakan kabinet dengan Jokowi.

 

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyatakan potensi pergantian pemain di Kabinet Indonesia Maju akan terjadi pada bulan ini. Namun KSP belum mengumumkan pejabat di kementerian apa yang akan diganti presiden.

Ngabalin juga meminta menteri yang diganti harus memiliki sikap yang sama saat dipilih ketika digantikan nanti. Menurutnya, menteri yang digantikan harus berterima kasih kepada presiden saat dilengserkan nanti.

"Kita tunggu bareng-bareng," kata Ngabalin kepada wartawan, Kamis (5/1).

Sebagai informasi, Jokowi sudah beberapa kali melontarkan kode reshuffle kabinet pada pergantian tahun 2022-2023. Kode terbaru disampaikannya saat mengunjungi Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta.

"Ditunggu saja," katanya di Pasar Tanah Abang, Senin (2/1).

Pada 26 Desember 2022, Jokowi mengatakan petunjuk reshuffle adalah gestur tangan angka tiga yang digambarkan dengan jari kelingking, jari manis, dan jari tengah. Pernyataan tersebut disampaikan di Stasiun Manggarai saat meresmikan revitalisasi Stasiun Manggarai Tahap I.

Sebelum kunjungan ke Stasiun Manggarai, Kepala Negara mengatakan potensi pergantian pemain di Kabinet Indonesia Maju dapat terjadi. Hal tersebut menanggapi Survei Charta Politika yang menemukan 61,8% responden menyetujui adanya pergantian menteri di kabinetnya.

 

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait