Soal Reshuffle, Jokowi Kembali Minta Semua Pihak Menunggu

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2023, 11:40
reshuffle, jokowi, kabinet
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Presiden Joko Widodo kembali melontarkan wacana soal reshuffle kabinet. Ia meminta seluruh pihak menunggu terkait realisasi perombakan Kabinet Indonesia Maju.

"Tunggu," kata Jokowi di sela-sela peninjauan proyek sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Selasa (24/1).

Jokowi telah beberapa kali melontarkan kode reshuffle kabinet. Saat menjawab pertanyaan awak media di Dumai, Riau pada awal tahun ini, Presiden membuka kans perombakan dilakukan.

"Besok bisa, Senin bisa, Rabu juga bisa," kata Jokowi setengah berseloroh di Dumai, Riau, Kamis (5/1).

Akhir tahun lalu, Jokowi juga memberikan kode serupa saat ditanya soal sinyal reshuffle. Hal tersebut menanggapi Survei Charta Politika yang menemukan 61,8% responden menyetujui adanya pergantian menteri di kabinetnya.

Sedangkan Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin meminta para menteri bersiap-siap karena Jokowi kemungkinan akan melakukan reshuffle bulan ini. Ngabalin menyarankan agar menteri yang akan dilengserkan tak marah.

"Jangan dongkol karena waktu anda sudah sampai di sini saja," kata dia.

Sempat beredar isu nama menteri yang tergeser adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Johnny mengatakan masih melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan oleh Jokowi. S

ekretaris Jenderal Partai Nasdem itu juga mengingatkan masyarakat agar setiap informasi diverifikasi terlebih dulu.


Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait