Jokowi Enggan Ikut Campur Urusan Nasdem dan Pencapresan Anies di 2024

Andi M. Arief
1 Februari 2023, 06:57
jokowi, nasdem, suurya paloh, anies baswedan
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka acara Kick Off ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/1).

Isu terjadinya komunikasi politik di Istana Negara berhembus setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh pekan lalu. Meski demikian, Jokowi menampik isu tersebut.

Jokowi mengatakan dirinya enggan mencampuri urusan Nasdem dengan Anies Baswedan. Menurutnya, hal-hal yang berurusan dengan Pemilihan Presiden atau Pilpres 20224 merupakan urusan partai politik dan koalisi partai politik.

"Jangan sering dihubung-hubungkan dengan Istana. Sedikit-sedikit dengan Istana, pekerjaanya banyak," kata Jokowi di Jakarta, Selasa (31/1).

Istana Kepresidenan sebelumnya mengonfirmasikan adanya pertemuan Jokowi dan Surya pada Kamis (26/1). Akan tetapi, acara tersebut tidak tercantum dalam agenda resmi Kepala Negara, dan tidak ada keterangan resmi mengenai isi komunikasi yang dilakukan.

Menanggapi hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim, mengatakan pertemuan antara Surya Paloh dengan Presiden Jokowi merupakan silaturahmi biasa, yang kerap dilakukan pimpinan partai politik dengan presiden.

“Harusnya semua partai melakukan itu,” kata Taslim di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1) seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...