Kasus Gagal Ginjal Akut Muncul Lagi, Satu Pasien Meninggal

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2023, 11:11
gagal ginjal akut, obat sirop, kemenkes
ANTARA FOTO/Ampelsaa/hp.
Dokter merawat pasien anak penderita gagal ginjal akut di ruang Pediatrik Intensive Care Unit (PICU) Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Jumat (21/10/2022).

Pemerintah menemukan lagi satu kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA). Ini merupakan temuan kasus terbaru sejak awal Desember 2022.

Kasus baru tersebut dilaporkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan meminta daerah aktif memantau pasien dengan gejala gagal ginjal akut.

"Satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam keterangan tertulis, Senin (6/2).

Satu kasus konfirmasi adalah anak berusia 1 tahun yang telah meninggal dunia pada Rabu (1/2). Pasien tersebut awalnya mengalami demam pada 25 Januari 2023 dan diberikan obat sirop dengan merek Praxion.

Tiga hari kemudian, pasien mengalami batuk, demam, pilek, dan tidak bisa buang air. Anak tersebut lalu dibawa ke Puskesmas Pasar Rebo untuk diperiksa dan 31 Januari dirujuk ke Rumah Sakit Adhyaksa.

Pasien lalu direncanakan untuk dirujuk ke RSCM karena ada gejala gagal ginjal akut, namun orang tuanya menolak. Tanggal 1 Februari, orang tua membawa pasien tersebut ke RS Polri karena anak tersebut sudah sulit buang air kecil.

Di hari yang sama, anak tersebut akhirnya dirujuk ke RSCM untuk mendapatkan perawatan intensif sekaligus terapi Fomepizole. Namun pukul 23.00 WIB, pasien meninggal dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...