KPK Fokus Kejar Empat Buron Kasus Korupsi, Salah Satunya Harun Masiku

Andi M. Arief
7 Februari 2023, 17:37
kpk, harun masiku, buron
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers terkait penahanan Tersangka dugaan kasus korupsi pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua Lukas Enembe di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/1/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan masih ada empat buron yang belum berhasil dijaring pada 2022. Keempat buron tersebut adalah Kirana Kotama atau KK, Harun Masiku atau HM, Paulus Tannos atau PT, dan Ricku Ham Pagawak atau RHP.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK telah berhasil menangkap 17 dari 21 buron tahun lalu. Adapun, total nilai sitaan yang berhasil dikumpulkan KPK mencapai Rp 575 miliar.

"Ada beberapa yang sudah kami ketahui dan saat itu kami lakukan upaya penangkapan. Tapi, sekali lagi, penangkapan terhadap seseorang itu harus berdasarkan hukum," kata Firli dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Selasa (7/2).

Firli menjelaskan ada buron yang memanfaatkan celah hukum untuk menghindari penangkapan oleh petugas yakni Paulus Tannos. Menurutnya, PT mengubah nama resminya menjadi Tjhin Thian Po atau TTP saat akan ditangkap.

Firli mengatakan perubahan nama resmi tersebut menyulitkan petugas di lapangan untuk menangkap Paulus. Akan tetapi, Firli tidak akan menyerah dalam menjaring PT yang kini berubah nama menjadi TTP.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...