Hasil Tes BPOM: Obat Sirop Praxion Aman Dikonsumsi

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2023, 13:37
bpom, obat sirop, gagal ginjal
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Pekerja menata sirop di etalase di salah satu apotek di kota Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (25/10/2022).

 Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah memeriksa sampel obat yang diminum pasien terbaru gagal ginjal akut. Hasilnya, BPOM tak menemukan adanya pelanggaran prosedur oleh produsen obat sirop tersebut.

Sebelumnya, produsen obat sirop Praxion telah menarik produknya usai adanya kasus gagal ginjal akut. BPOM juga telah menelusuri tujuh sampel obat tersebut pada tanggal 2 hingga 3 Februari.

Tujuh tersebut di antaranya sampel obat sirop yang dikonsumsi pasien, sampel dari peredaran, hingga sampel produksi batch yang sama dengan yang dikonsumsi pasien. Pemeriksaan meliputi penjaminan mutu, kualifikasi pemasok, hingga proses produksi.

"Artinya ambang batas dipenuhi dan aman digunakan sesuai aturan pakai," kata Pelaksana tugas Deputi Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM, Togi Junice Hutadjulu dalam konferensi pers, Rabu (8/2).  

BPOM juga telah menyampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada Kementerian Kesehatan pada Selasa (7/2). Saat ini, badan tersebut bersama Kemenkes, Dinas Kesehatan DKI, serta epidemiolog masih menginvestigasi penyebab munculnya kasus baru gagal ginjal akut.

"Kami akan berhati-hati sebagai regulator untuk mengawal mutu obat," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...