Jokowi Sudah Terima Permintaan Mundur Menpora, Tunggu Surat Resmi

Ameidyo Daud Nasution
21 Februari 2023, 11:02
jokowi, pssi, menpora
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Presiden Joko Widodo telah menerima permintaan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk mengundurkan diri. Amali akan mundur untuk fokus mengurus Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Meski demikian, Jokowi belum mencari pengganti Amali di kabinet. Ini karena Menpora belum mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden.

"Gantinya kalau sudah ada resminya baru saya bicara," kata Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta, Selasa (21/2) dikutip dari Antara.

Sebelumnya Amali telah pamit ke Jokowi pada Senin (20/2) karena dirinya akan fokus mengurus Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Keputusan ini diambil karena ia baru saja terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) beberapa hari lalu.

Menpora Amali hadir bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, dan segenap Executive Comittee PSSI untuk langsung menemui Jokowi di Istana Kepresidenan kemarin.

"Beliau mengizinkan saya fokus di sepak bola," kata Zainudin dalam siaran virtual Sekretariat Presiden, Senin (20/2).

PRESIDEN JOKO WIDODO MENERIMA PENGURUS BARU PSSI
PRESIDEN JOKO WIDODO MENERIMA PENGURUS BARU PSSI (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.)

Jokowi beberapa hari lalu menyatakan belum berencana mereshuffle Erick dan Zainudin karena mengurus PSSI. Jokowi sempat menyinggung beberapa menteri yang saat ini juga menjabat di organisasi olahraga.

Menteri yang dimaksud adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di olahraga dayung, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di olahraga wushu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan di olahraga atletik, dan Menteri Pertahanan di olahraga pencak silat.

"Yang paling penting, semua menteri bisa mengatur waktunya. Ini urusan manajemen waktu, manajemen mengatur organisasinya, manajemen perencanaanya. Ini masalah manajemen," kata Jokowi di Tangerang, Jumat (17/2).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...