Jokowi: Proyek IKN Gagasan Soekarno, Tujuannya Pemerataan

Andi M. Arief
22 Februari 2023, 16:53
jokowi, ibu kota, soekarno
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta telah dimulai sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Menurutnya, tujuan utama pemindahan ibu kota tersebut adalah pemerataan.

Presiden Jokowi mendata 58 persen pertumbuhan ekonomi dan 56 persen jumlah penduduk berpusat di Pulau Jawa. Alhasil, pembangunan yang selama ini terjadi berpusat di Pulau Jawa.

Advertisement

"Terus yang 16.999 pulau itu diberi bagian berapa persen? Perlu yang namanya pemerataan agar pembangunan tidak Pulau Jawa-sentris, tapi Indonesia-sentris," kata Presiden Widodo dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (22/2).

Jokowi mengatakan pemindahan ibu kota negara atau IKN dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan merupakan gagasan Presiden Soekarno. Presiden Soekarno sebelumnya berencana memindahkan IKN ke Palangkaraya.

Oleh karena itu, Jokowi melihat daerah mana yang cocok dijadikan IKN saat studi kelayakan pemindahan IKN dilakukan. Pada akhirnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai Kabupaten Penajam paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN Nusantara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement