Daftar Kebakaran Kilang Pertamina 10 Tahun Terakhir, Terbaru Plumpang

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Maret 2023, 19:34
pertamina, depo plumpang, depo plumpang kebakaran
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Warga berfoto tak jauh dari permukiman yang hangus terbakar dan hancur pascakebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Integrated Terminal BBM Plumpang atau Depo Plumpang milik PT Pertamina (Persero) di Jakarta Utara kembali terbakar pada Jumat (3/3) malam. Peristiwa ini merenggut 19 korban jiwa dan 49 orang dirawat di rumah sakit.

Kebakaran di Depo Plumpang pada pekan lalu itu merupakan peristiwa kedua kali setelah sebelumnya mengalami peristiwa serupa pada Januari 2009. Kala itu, kobaran api berasal dari tangki Premiun berkapasitas 5.000 kiloliter.

Dalam beberapa tahun ke belakang, tercatat ada tujuh peristiwa kebakaran di lokasi penampungan BBM milik Pertamina. Selain Depo Plumpang, sejumlah lokasi pengolahan minyak mentah dan penyimpanan BBM juga pernah mengalami petaka serupa. Beberapa di antaranya Kilang Balongan, Kilang Cilacap, dan Kilang Balikpapan.

Pakar Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi, menganggap kecelakaan berulang itu disebabkan oleh sistem keamanan kilang yang buruk. Menurut Fahmy, wilayah kilang dan Depo BBM merupakan aset stategis yang punya resiko tinggi.

"Tidak tampak upaya serius Pertamina untuk memperbaiki sistim keamanan yang diterapkan sehingga menyebabkan kebakaran beruntun di kilang minyak dan Depo BBM Plumpang," kata Fahmy lewat pesan singkat pada Senin (6/3).

Dirangkum dari beberapa sumber, rincian peristiwa kebakaran kilang Pertamina dalam waktu satu dekade terakhir adalah sebagai berikut:

1. Depo Plumpang Januari 2009

Kebakaran pertama di Depo BBM Plumpang terjadi pada 18 Januari 2009 pukul 21.15 WIB. Peristiwa itu menyebabkan satu petugas keamanan Pertamina tewas. Penyebab kebakaran berasal dari gesekan antara slot ukur dan alat pengambil sampel bahan bakar minyak (BBM).

Gesekan itu pun menimbulkan percikan api yang kemudian menyambar bensin pada tangki nomor 24. Api kala itu terus berkobar hingga pukul 05.15 WIB hingga sempat mencapai ketinggian 100 meter. Kala itu, kobaran api berasal dari tangki Premiun berkapasitas 5.000 kiloliter.

2. Kilang Balongan Maret 2021

Kilang Balongan yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini terbakar pada Senin (29/3), dini hari. Kebakaran yang menewaskan satu korban meninggal dunia dan lima orang luka berat itu berawal dari kobaran api yang melahap tiga unit Tank Product Premium. 

Peristiwa kebakaran dan meledaknya tangki Pertamina Balongan ini berdampak terhadap setidaknya 2.788 rumah warga sekitar. Dari jumlah itu, yang telah diverifikasi sebanyak 1.313 rumah yang rusak. 

3. Kilang Cilacap Juni 2021

Pada Juni 2021 lalu, PT pertamina melaporkan adanya sebuah tangki berisi benzena terbakar. Senyawa kimia ini merupakan bahan dasar pembuatan produk petrokimia.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...