Golkar Aktif Komunikasi dengan PKB, Akan Pindah Koalisi?

Andi M. Arief
13 Maret 2023, 16:20
golkar, koalisi, airlangga
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menyampaikan pidato pada Zikir AKbar "Golkar Bershalawat" di Dinning Hall Wisma Atlet, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/2/2023).

Partai Golkar saat ini tengah aktif berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa. Meski demikian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto belum memastikan apakah partai beringin akan bergabung ke koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KIR. 

Sebagai informasi, partai politik yang tergabung dalam KIR adalah Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB. Belum lama ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan hubungan PKB dan dan Golkar cukup baik.

Advertisement

"Komunikasi antar partai politik masih sangat baik. Apalagi, Partai Golkar kan lambangnya pohon beringin dan daunnya warna hijau. Seluruh komunikasi antar partai baik dan Golkar dengan KIB solid," kata Airlangga di gedung Golkar Institute, Senin (13/3).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Paulus mengatakan mengatakan hubungan di setiap koalisi menuju Pilpres 2024. Namun Lodewijk menilai hal yang jelas sampai saat ini adalah empat poros menuju Pilpres 2024.

Poros yang dimaksud adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Koalisi Indonesia Bersatu, Koalisi Perubahan, dan KIR. Akan tetapi, Lodewijk menilai anggota setiap poros tersebut sangat cair.

"Ini masih cair, siapa yang merapat ke siapa kami enggak tahu. Yang jelas, sekarang masih empat poros," kata Lodewijk.

Di sisi lain, Lodewijk menilai pernyataan Cak Imin adalah hal yang wajar. Pasalnya, Partai Golkar dan PKB masih mendukung pemerintahan saat ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement