Jokowi Beri Kriteria Calon Menpora Baru: Berusia Muda

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2023, 11:40
jokowi, menpora, zainudin amali
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima bukti pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024 dari petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Presiden Joko Widodo memberikan petunjuk soal calon Menteri Pemuda dan Olahraga pengganti Zainudin Amali. Jokowi menginginkan sosok berusia muda untuk memimpin Kemenpora.

"Muda," kata Jokowi menjawab pertanyaan awak media di Gedung Dhanapala, Jakarta, Senin (20/3) dikutip dari Antara.

Meski demikian, Jokowi belum memutuskan nama pengganti Zainudin meski beberapa nama sudah diajukan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Nama-nama sudah masuk ke kami tapi belum diputuskan," katanya.

Zainudin Amali mengundurkan diri dari kabinet karena akan fokus menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Saat ini, posisinya sudah digantikan untuk sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy selaku pelaksana tugas.

ZAINUDIN AMALI RESMI MUNDUR SEBAGAI MENPORA
ZAINUDIN AMALI RESMI MUNDUR SEBAGAI MENPORA (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.)

"Tidak etis Menpora yang (seharusnya) mengurusi semua cabang kok hanya fokus pada satu cabang," kata Zainudin usai menyerahka surat pengunduran diri.

Pada akhir Februari 2023, ada dua nama yang mencuat sebagai pengganti Amali, yakni Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Belum lama ini, nama itu berubah dan bertambah menjadi Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

"Kita tunggu saja keputusan dari bapak presiden, kami komunikasi setiap hari," kata Airlangga di Gedung Golkar Institute, Senin (13/3).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...