Kepala BIN Budi Gunawan Puji Prabowo: Kini Punya Aura Jokowi

Andi M. Arief
21 Maret 2023, 16:08
prabowo, jokowi, BIN
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat panen di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3). Foto: Youtube/'Sekretariat Presiden.

Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan mengomentari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang belakangan kerap mendampingi Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja. Budi mengatakan sebagian aura yang dikeluarkan Presiden Jokowi telah berpindah ke Prabowo.

Budi melontarkan pernyataan tersebut dalam peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Papua. Dalam sebuah video pendek, tampak Jokowi duduk bersebelahan dengan Prabowo sambil tertawa.

"Aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo. Kami semua mendoakan untuk Pak Prabowo semoga sehat, lancar, dan sukses dalam kontestasi Pemilu 2024," kata Budi dalam video sambutannya, Selasa (21/3).

Sebelumnya, Prabowo menilai ajakan untuk berkeliling ini karena dirinya sedang dididik oleh Jokowi terkait urusan negara. Prabowo menyampaikan keputusannya untuk bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju menjadi contoh bagi dunia politik global.

Pernyataan tersebut dilontarkan Prabowo saat mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Kalimantan Selatan pada 14 Januari 2023. Sejak saat itu, Presiden Jokowi tampak selalu didampingi Prabowo saat melakukan kunjungan kerja.

"Saya mengerti perang, tapi kalau urusan negara saya sekarang belajar banyak dari Pak Joko Widodo. Karena itu mungkin beliau bawa saya ke mana-mana, mungkin beliau mau didik saya," ujar Prabowo di Kalimantan Selatan, 

Prabowo telah mengumumkan untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Oleh karena itu, Partai Gerindra saat ini bergabung dengan Partai keabngkitan Bangsa membentuk Koalisi Indonesia Raya

. Soal elektabilitas, Prabowo memperoleh 19,5% suara atau menempati peringkat ketiga tertinggi di antara 34 politisi. Angka ini berdasarkan survei tatap muka terhadap 1.220 responden antara 1 hingga 6 Desember 2022 dari lembaga riset Indikator.


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...