Airlangga Ungkap Sosok Calon Menpora: Salah Satunya Wanita

Andi M. Arief
24 Maret 2023, 16:25
menpora, airlangga, golkar
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga HartartoÊ(kiri) dan Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Ridwan Kamil (kanan) menghadiri acara Kuliah Umum Partai Golkar di Golkar Institute, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan beberapa kriteria Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora pengganti Zainudin Amali. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan calon pengganti Amali adalah muda.

Airlangga menyiapkan kader pria dan wanita untuk menjadi Menpora yang baru.  "Nama sudah diserahkan," kata Airlangga di Kompleks Istana Merdeka, Jumat (24/3).

Meski demikian, Airlangga masih enggan menyampaikan siapa calon yang didukung oleh Partai Golkar menjadi Menpora selanjutnya. "Terserah bapak presiden, sudah ada di kantongnya beliau namanya," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku telah menerima nama-nama calon pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Namun Kepala Negara menyatakan belum memutuskan nama yang akan menggantikan Amali.

SERTIJAB MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA
SERTIJAB MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Jokowi mengatakan nama pengganti mantan Menpora telah diserahkan Airlangga. Namun Presiden mengaku tidak hafal nama-nama yang telah diberikan tersebut.

"Nama yang masuk ada, tapi saya tidak hafal. Kriteria penggantinya muda," kata Presiden Jokowi di Kompleks Kantor Kementerian Keuangan, Senin (20/3).

Sebelumnya, Airlangga mengatakan telah menyerahkan tiga nama tersebut kepada Presiden Joko Widodo belum lama ini. Namun ia belum dapat memastikan siapa yang akan dipilih menjadi pengganti Amali hingga akhir 2024 nanti.

"Kita tunggu saja keputusan dari bapak presiden, kami komunikasi setiap hari," kata Airlangga di Gedung Golkar Institute, Senin (13/3).

Pada akhir Februari 2023, ada dua nama yang mencuat sebagai pengganti Amali, yakni Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Belum lama ini, nama itu berubah dan bertambah menjadi Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...