Megawati Resmi Umumkan Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP

Ameidyo Daud Nasution
21 April 2023, 13:52
ganjar, megawati, pdp
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan kata sambutan saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur di Bali, Senin (16/1/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hari ini.

"Hari ini jam 13.45 WIB maka kami tetapkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan sebagai calon presiden," kata Megawati dalam pengumuman secara daring, Jumat (21/4).

Hadir dalam agenda tersebut Presiden Joko Widodo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga  Bendahara PDIP Olly Dondokambey. Selain itu ada pula politisi PDIP Prananda Prabowo hingga Pramono Anung.

Usai itu, Mega meminta seluruh struktur PDIP untuk mensukseskan Ganjar sebagai capres. "Saya perintahkan segera bergerak dan turun ke bawah menyapa akar rumput," kata Megawati.

Sebelumnya, sumber Katadata.co.id menjelaskan, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani telah bertemu Presiden Joko Widodo pekan lalu untuk membahas Ganjar Pranowo. Dalam pertemuan tersebut, Puan kabarnya legowo untuk menyerahkan mandat capres kepada Ganjar.

Sumber tersebut juga menyebutkan banyak tekanan kepada Megawati untuk mengumumkan capres. Tekanan muncul terutama dari adanya rencana koalisi besar yang berencana mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

"PDIP enggak mau kalau calonnya RI 2 (calon wakil presiden)," kata sumber tersebut seperti dituliskan pada Jumat (21/4).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...